Kamis, 23 April 2009

Semantik

Cuci Gudang dan Cuci Mobil
- Apakah mencuci gudang?


Di sebuah toko, pada akhir tahun biasa terpasang iklan. Iklan tersebut berbunyi, “A Celluler sedang Cuci Gudang….Discount hingga 75 %”. Setelah membaca iklan tersebut tentu kita langsung mengerti kalau yang dimaksud dengan cuci gudang disitu bukan bermakna ‘mencuci atau membersihkan gudang dengan air agar bersih’ seperti halnya makna dari frasa-frasa lain yang menggunakan kata cuci, misalnya cuci mobil yang bermakna “membersihkan atau mencuci mobil agar bersih”. Begitupun dengan frasa cuci tangan dan cuci baju yang bermakna “mencuci atau membersihkan tangan dan baju agar bersih”.

Frasa cuci mobil, cuci tangan, dan cuci baju dibentuk oleh kata yang berkategori kata kerja (verba) dan kata benda (nomina), kata cuci merupakan kata yang berkategori verba dan kata mobil, tangan serta baju merupakan kata yang berkategori nomina. Begitupun dengan frasa cuci gudang. Apabila dilihat dari proses gramatikalnya, kata cuci gudang merupakan frasa yang dibentuk oleh kata cuci yang berkategori kata kerja (verba) dan gudang mata yang berkategori kata benda (nomina). Namun apabila dilihat dari konteks kalimat yang menggunakan frasa tersebut seperti kasus di atas, (makna leksikal kata cuci adalah ‘mencuci atau membersihkan dengan air’) makna kata cuci tersebut tidak sama dengan makna dari kata cuci yang berkombinasi dengan nomina mobil, tangan, dan baju. Makna dari frasa cuci gudang dalam kslimat tersebut adalah ‘menjual barang-barang di toko A Celluler dengan harga yang murah’. Tentunya makna tersebut tidak sesuai dengan makna yang seharusnya yaitu ‘mencuci atau membersihkan gudang dengan air agar bersih’ karena gudang tidak perlu dicuci atau dibersihkan dengan air agar bersih.

Dalam ilmu makna (Semantik), frasa cuci gudang dalam kasus tersebut merupakan frasa yang bermakna idiomatikal. Makna idiomatikal adalah makna ujaran atau satuan bahasa yang tidak dapat diprediksi dari makna leksikal atau makna gramatikalnya. Seperti yang telah diketahui bahwa cuci gudang dalam kalimat di atas bermakna ‘menjual barang-barang di toko A Celluler dengan harga yang murah’. Makna frasa tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan makna kata cuci dan makna leksikal gudang. Ujaran cuci gudang tersebut juga bukan sebuah satuan gramatikal, sebab bila sebuah satuan gramatikal, apabila kata cuci diberi prefiks me- sehingga menjadi mencuci gudang, tentunya bisa dipasifkan menjadi gudang dicuci. Satuan ujaran seperti cuci gudang dan cuci uang lazim disebut idiom.

Jadi, istilah cuci gudang disini merupakan sebuah idiom yang maknanya berbeda dengan makna leksikal dari setiap kata yang telah dikombinasikan tersebut. Artinya, makna cuci gudang bukan berarti ‘mencuci gudang dengan air agar bersih’, tetapi ‘menjual barang-barang yang dijual dengan harga murah’.

10 Januari 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar